Dosa dosa kecil yang terabaikan

Meskipun telah memahami Islam,namun terkadang para pejuang dapat menjadi sedikit lesu dalam berdakwah. Sebelum mengalami, ada baiknya kita mengantisipasinya terlebih dahulu… Bukankah Rasul telah bersabda bahwasanya orang munafiq menganggap perbuatan dosanya seperti lalat yang lalu saja. Sedang orang beriman menganggap dosanya seperti gunung besar di atas kepalanya…. Terkadang kita melakukan dosa-dosa kecil yang tak sadar dilakukan atau sebenarnya sadar namun mengabaikannya….

MENGISI PERUT Kita diperintahkan untuk makan sepertiga,minum sepertiga dan sepertiganya lagi untuk udara. Tampaknya sepele,namun sebenarnya dampak akan sangat besar bila hal ini diabaikan. Coba lihat siklus ini.Makan kekenyangan mengakibatkan sulit bergerak maka malas pula untuk shalat,apalagi bila ditambah shalat sunnah dan shalat malam.Kekenyangan dalam makan membuat empati kita pada kaum dhuafa berkurang.Bagaimana mungkin orang yang kenyang akan ingat kepada yang lapar.Kekenyangan dalam makan tidak disukai Allah dan tergolong pemborosan, karena memasukkan zat berlebih yang sebenarnya tidak kita butuhkan.Muslim yang ingin berjihad sebaiknya menghindari kalori yang berlebihan,karena bila seorang muslim bertubuh subur,akan sulit berlari dari kejaran musuh…. (?)

MENONTON TV Hukum menonton TV adalah mubah.Menjadi pahala bila yang ditonton adalah ceramah atau ilmu yang bermanfaat. Namun menjadi haram bila yang ditonton adalah film-film yang mempertontonkan aurat,mistik,… termasuk iklan-iklan yang sering tanpa permisi lewat di depan mata mempertontonkan sesuatu yang haram. Untuk para akhwat tampaknya tak ada masalah,namun untuk para ikhwan,diperlukan benteng ekstra. TV adalah salah satu media untuk melakukan Ghazwul Fikri. Hati-hati akan kebenaran dari berita yang disiarkan. Jangan dianggap remeh film-film yang berasal dari Barat, karena sesungguhnya mereka tengah mengubah kepribadian akhlak Islamiyah kaum muslimin dengan budaya mereka. Sebagai contoh,Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia, ternyata saat pukul 5 pagi di Metro TV disiarkan sebuah acara keagamaan.Bukan Kristen,bukan pula Hindu,namun..agama Yahudi. Hal yang sama terjadi hari Minggu,pukul 5 pagi di RCTI. Entah sejak kapan kaum Nasrani dapat bangun di subuh hari, karena di sana ditayangkan acara khotbah Nasrani. Melalui satelit,mereka sudah cukup bahagia bila kaum muslimin jauh dari ajarannya walaupun tidak memurtadkannya. Melalui 3 F dan 3 S…., Food,Fashion,Film,Sex,Sport and Song.Hal ini cukup jelas terlihat dari acara-acara yang ditayangkan di TV,terutama Metro TV dan ANTV. Film bertemakan cinta sebaiknya dihindari.Mengapa ? Karena selain itu adalah kisah cinta murahan, film semacam itu juga dapat membangkitkan syahwat.Ini sangat berbahaya bagi kaum muslimin yang belum menikah.Dapat menjurus kepada zina.Diawali dari zina yang kecil, zina hati dengan berharap,zina telinga dengan mendengar yang haram, zina mata dengan melihat aurat,zina tangan dengan menyentuh,zina kaki dengan melangkah. “Janganlah kamu MENDEKATI zina….”

MENDENGARKAN MUSIK Hukum mendengarkan musik adalah mubah.Insya Allah menjadi baik bila yang didengarkan adalah nasyid yang dapat meningkatkan iman.Menjadi haram bila yang didengarkan adalah lagu-lagu cinta murahan yang membangkitkan syahwat. Apa perlunya bagi kaum muslimin membeli kaset-kaset Barat ? Terlebih mereka menyerang Afghanistan. Sebagai contoh, West Life menyumbangkan sebagian penghasilan dari penjualan kaset mereka kepada Paus di Vatikan. Jadi,secara tidak langsung manusia yang membeli kaset tersebut telah mendanai pembangunan gereja-gereja dan gospel mereka. Termasuk Mariah Carey yang menghibur para pasukan Amerika di kapal USS yang menjadi pasukan penyerang ke Afghanistan !

PANDANGAN MATA Dari mata turun ke hati.Pepatah yang benar. Rasulullah SAW bersabda : “Pandangan mata adalah salah satu panah dari panah-panah iblis.Barangsiapa menjauhinya karena takut kepada Allah, maka Allah akan memberikan kepadanya perasaan manisnya iman.” Hal yang sepele tampaknya.Namun,berapa banyak para pejuang yang berguguran di jalan dakwah hanya karena cinta nafsu.Cinta yang diawali dari pandangan mata ini… Di kala manusia ada di masa jahiliyah,maka manusia itu akan menyukai lawan jenis yang jahiliyah pula. Ketika manusia telah kembali ke jalan Allah maka manusia digiring untuk menyukai sesama pejuang pula.Dengan dalih..,”pacaran Islami.” Tidak ada kata aman dari panah-panah iblis meski untuk seorang ustadz… Jadi,berhati-hatilah dengan pandangan mata…, Ingat,mencegah lebih baik daripada mengobati. Bila telah terkena sindrom cinta,akan sangat sulit mengatasinya kecuali dengan pertolongan dari Allah. ” Wahai jiwa yang tenang…” Wallahu’alam bishowab..

~ oleh Raziel pada Mei 24, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: